Rabu, 23 Maret 2016

FLOWCHART M LAUNDRY & DRY CLEAN

FLOWCHART SIKLUS PENDAPATAN M LAUNDRY & DRY CLEAN









Fakta:

               Dimulai dari pelanggan menyerahkan barang berupa pakaian dan langsung dicatat jenis dan jumlah barangnya oleh kasir. Kemudian, bagian kasir menanyakan pembayaran apakah akan dibayar lunas atau tidaknya. 
              Jika Ya, maka akan dilakukan pembuatan nota 3 (tiga) rangkap 1 (satu) untuk perusahaan/ pemilik, rangkap 2 (dua) untuk pelanggan, rangkap 3 (tiga) untuk disimpan sebagai dokumen oleh kasir. Lalu, pelanggan membawa nota rangkap yang kedua tadi ke kasir dan kasir menyerahkan barang kepada pelanggan dan pelanggan langsung menerima pakaian. 
            Jika Tidak, maka akan dibuatkan tanda terima barang. Pelanggan menerima tanda terima barang dan diberikan ke kasir, lalu pelanggan membayar dan menanykan sisa pembayaran untuk dilunasi di kasir. Dan, kasir membuatkan nota karena sudah dibayar lunas, kasir langsung menyerahkan barang ke pihak pelanggan, pelanggan menerima pakaiannya. 
    Ternyata, kasir menyerahkan pakaian yang akan diserahkan oleh pelanggan  sebelumnya pada bagian dry & clean.Pihak dry & clean akan memproses pakaian  kotor pelanggan.Selanjutnya dry & clean akan di cuci hingga bersih, jika pakaian sudah bersih maka akan langsung disetrika dan dikemas  dalam plastik, proses pun berakhir dan diserahkan pada kasir untuk diserahkan kepada pelanggan.Jika  pakaian tersebut dicuci tetapi masih ada noda kotor maka akan dicuci kembali hingga bersih.


0 komentar:

Posting Komentar